“Pendet Mahardhika” Menggedor Keindonesiaan
Kiriman Kadek Suartaya, SSKar., Msi., Dosen PS. Seni Karawitan. Senyum ramah tari Pendet yang diciptakan I Wayan Rindi (almarhum) pada tahun 1950,...
Awal Mula Tari Telek Anak Anak Di Desa Jumpai Klungkung
Kiriman: Ayu Herliana, PS. Seni Tari ISI Denpasar Sebelum awal mula dari Tari Telek Anak-Anak dijelaskan, terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai...
Materi Garapan Kembang Ratna
Kiriman Ni Luh Lisa Susanti Mahasiswa PS. Seni Tari ISI Denpasar Karya tari kreasi Palegongan Kembang Ratna memiliki elemen penting sebagai materi...
Tata Rias dan Busana Tari Legong Sambeh Bintang
Kiriman Ni Wayan Ekaliani, Mahasiswa PS. Seni Tari ISI Denpasar Tata rias dan busana dalam seni pertunjukan selain berfungsi...
Tari Bali Tempo Dulu Dalam Pentas Masa Kini
Kiriman Kadek Suartaya, SSKar., Msi., Dosen PS. Seni Karawitan Sebuah buku tua tentang seni pertunjukan Bali, Dance and Drama in Bali (1938),...
Struktur Nilai Simbolisme dan Mistikisme Pertunjukan Wayang Calonarang
Kiriman I Ketut Gina, Mahasiswa PS. Seni Pedalangan Pengertian Simbol Peursen, C.A Van ornentasi di dalam filsafat mengatakan, bahwa...
Bentuk, Perkembangan, dan Fungsi Tari Mekotekan
Kiriman: Ni Made Wiryani, Mahasiswa PS. Seni Tari ISI Denpasar. Prosesi Upacara Ngerebeg Sebelum upacara Ngerebeg dimulai, terlebih dahulu diadakan...
Wujud Garapan Kembang Ratna
Kiriman Ni Luh Lisa Susanti Mahasiswa PS. Seni Tari ISI Denpasar Wujud merupakan salah satu bagian dari tiga elemen karya seni (wujud, isi/bobot,...
Sarana Pertunjukan Wayang Calonarang Lakon Kautus Rarung Dalang Ida Bagus Sudiksa
Kiriman I Ketut Gina, Mahasiswa PS. Seni Pedalangan 1). Gedebong Gedebong atau pohon pisang dalam pertunjukan Wayang Kulit berfungsi...
Musik Iringan dan Prosesi Penyajian Tari Legong Sambeh Bintang
Kiriman Ni Wayan Ekaliani, Mahasiswa PS. Seni Tari ISI Denpasar Sebuah pertunjukan hubungan antara tari dan musik tidak dapat dipisahkan, karena...