Kiriman : I Putu Udiyana Wasista (Dosen Jurusan Desain Interior Internet Seminar Indonesia Denpasar)
ABSTRAK
Desain bertujuan untuk memanusiakan manusia dan memberikan kekuatan untuk melampaui batasannya sendiri. Proses desain memiliki pendekatan yang diberi istilah “design thinking”. Namun penggunaan istilah design thinking dalam desain, biasanya hanya berfokus pada aspek teknis dan praktis, dan tidak dapat sepenuhnya memahami perilaku serta kebutuhan konsumen yang sesungguhnya. Oleh karena itu, human-centered design muncul dan menjadi perubahan dalam pemikiran desain yang lebih humanistik. Human-centered design menggunakan pendekatan empati untuk memahami perilaku laten konsumen yang potensial, serta sering diabaikan dan sejauh ini belum dipertimbangkan. Melalui human-centered design, orang memiliki hak untuk tumbuh dengan produk desain, bukan hanya menjadi komoditas di industri desain.
Kata kunci : design thinking, human-centered design, desain, empati
Selengkapnya dapat unduh disini