Kiriman : I Putu Udiyana Wasista (Program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Internet Seminar Indonesia Denpasar)
ABSTRAK
Keusangan terencana merupakan sebuah istilah dalam strategi pemasaran. Keusangan terencana bertujuan untuk membentuk dinamisme pasar dalam jual beli produk. Cara kerjanya dengan mengatur umur produk melalui dua hal, yaitu ketahanan komponen dan manipulasi tren. Melalui dua hal tadi, produk akan berputar cepat dan memaksa konsumen untuk terus membelinya. Cara ini akan terus membentuk iklim konsumtif bagi para konsumen, dan tentunya akan memberikan keuntungan sebesar-besarnya bagi produsen serta pengusaha.
Kata kunci : Keusangan terencana, dinamisme pasar, ketahanan produk, manipulasi tren.
ABSTRACT
Planned obsolescence is a term in marketing strategy. Planned obsolescence aims to shape market dynamism in the sale and purchase of products. How it works by regulating product life through two things, component resilience and trend manipulation. Through these two things, the product will spin fast and force consumers to continue to buy it. This method will continue to shape the consumer climate for consumers, and of course will provide maximum benefits for producers and entrepreneurs.
Keywords : Planned obsolescence, market dynamism, product resilience, trend manipulation.
Selengkapnya dapat unduh disini