Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan tradisi dan budaya. Salah satu bentuk perwujudan budaya tersebut adalah pada permainan anak – anak. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, permainan tradisional Bali ternyata tak mampu mempertahankan eksistensinya. Karena anak – anak saat ini cenderung lebih memilih memainkan permainan modern seperti video game daripada memainkan permainan tradisional yang sarat akan makna dan edukasi. Jika permainan tradisional terus menerus terkikis keberadaannya oleh permainan modern, maka sangat memungkinkan salah satu kekayaan budaya Bali yang secara turun temurun di wariskan ini akan lenyap.
Oleh sebab itulah maka diperlukan media yang dapat menampilkan informasi dan memperkenalkan kembali permainan – permainan tradisional tersebut kepada anak – anak. Jadi media yang tepat dan efektif adalah Buku anak. Buku merupakan alat penyampaian informasi yang cukup efektif, karena buku dapat menyampaikan banyak sekali informasi, karena memiliki jumlah halaman yang banyak. Jadi buku anak ini merupakan media yang efektif untuk mendokumentasikan tradisi budaya ini. Data – data yang diperoleh dari observasi, data wawancara dan data teoritis diolah melalui analisis dan sintesa sehingga
dapat diciptakan media komunikasi visual berupa buku anak yang tepat, efisien dan menarik untuk emperkenalkan kembali permainan tradisional Bali kepada anak – anak.
Kata Kunci : Desain, Buku, Buku Anak, Flaps Book, Permainan tradisional Bali